Rabu, 09 September 2009

penyesalan ada didepan kok..!!!

kini aku harus bercerita tentang kehidupanku sendiri, yang membuat aku tak bisa henti menangis semalaman, hingga tak lelap untuk tertidur..

saat itu aku sendang bercerita kepada seorang paman, bisa dikatakan paman itulah yang terlihat bijaksana dari paman-paman yang pernah kutemui sebelumnya.

"saat ini, aku sedang bingung, dengan apa yang harus aku lakukan.." kataku pada paman
"bingung kenapa?" tanya paman itu heran
"minggu lalu, aku mengambil suatu keputusan yang aku fikir bisa membuat kau bahagia.., tapi ternyata keputusan itu yang kini membuat aku menjadi sangat terjatuh, dan kini hidupku tak ada lagi tujuan.." jelasku pada paman
"apapun keputusan yang kau buat, paman yakin itu adalah yang terbaik bagi hidup kamu.."
"tapi nyatanya gak, buat aku keputusan itu adalah suatu keputusan yang sangat bodoh.., karena keputusan itulah hidupku tak terarah.., dan sekarang aku hanya dapat menyesali semuanya.."
"mungkin selama ini wanita hanya dijadikan mahluk yang lemah, tapi paman yakin untuk perempuan seperti kamu.., paman yakin kamu adalah wanita yang kuat, tegar, dan sabar.." jelas paman itu padaku
"kenapa ya paman, penyesalan selalu ada dibelakang?"
"salah...!!!" tegas paman berkata
"maksud paman?" tanyaku penasaran
"penyesalan tidak selalu dibelakang, bahkan aku yakin sesungguhnya penyesalan ada didepan..." kata paman
semakin aku tidak mengerti dengan perkataannya...
"hha.., sebenarnya kalau kamu ingin belajar dari pengalaman yang sekarang kamu dapatkan, maka penyesalan akan berada didepan, bahkan kamu akan bersyukur karena kamu pernah menyesal..., jangan bingung jika paman berkata seperti ini, cobalah untuk jadi wanita yang kuat, belajar dari pengalaman, lalu perbaiki semua kesalahan itu..., maka penyesalan tidak akan dibelakang, tetapi didepan, karena penyesalan itulah yang akan buat kamu lebih baik..!!!
"aku mengerti maksud paman, tapi tidak mudah utnuk melakukan itu semua..; jelasku padanya
"kesusahan itu datang karena kamu selalu melihat kebelakang.., cobalah lihat yang ada didepan, maka jika itu sudah kamu lakukan tidak susah lagi untuk kamu dapat melakukan itu semua.." jelasnya dengan senyum ramah.

saat aku mendengar semua itu, aku terdiam dan semakin lama seakan-akan aku bisa bangkit dari keterpurukan itu.., kini aku bisa lihat apa yang didepan, dan semua yang telah terjadi dulu hanya akan menjadi sebuah pengalaman yang akan membuatku lebih baik dari dulu dan sekarang...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar